‘AVENGERS: INFINITY WAR’ Raih Rp 25 M Hari Pertama di Indonesia

Semua orang tahu jika AVENGERS: INFINITY WAR adalah sebuah titik baru dalam dunia Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagai film ke-19, INFINITY WAR akan jadi tonggak sejarah 10 tahun perjalanan MCU di Hollywood. Belasan film MCU dengan puluhan superhero raja poker yang sudah dikenalkan akan bermuara dalam perang besar melawan Thanos (Josh Brolin). Tak heran kalau jutaan penggemar Marvel tentu menantikannya, termasuk di Indonesia.

 

Beruntung, Indonesia merasakan INFINITY WAR dua hari lebih cepat daripada perilisan global yakni sejak 25 April 2018 lalu. CNN Indonesia melaporkan jika INFINITY WAR berhasil meraup lebih dari Rp 25 miliar di hari pertama penayangan di Indonesia. Hasil itu merupakan gabungan dari data industri di mana INFINITY WAR yang sudah tayang di 21 negara lebih awal mendulang USD 39 juta (Rp 541 miliar) dengan rekor terbesar milik Australia yakni USD 6,7 juta (sekitar Rp 93 miliar).

 

Dari pendapatan yang ada, maka pada hari pertama ada sekitar 675 ribu orang menonton INFINITY WAR di Indonesia. Akun Twitter @bicaraboxoffice mencatat dalam pekan pertama INFINITY WAR sudah ditonton hampir tiga juta penonton dengan total USD 9,6 juta di Tanah Air.

Raihan itu jauh lebih besar daripada rekor THE FATE OF THE FURIOUS (2017) yang meraih pekan pertama sebanyak USD 8,5 juta. Namun pendapatan Indonesia masih jauh di bawah Filipina yang mencatat USD 12,5 juta dan Thailand dengan USD 10 juta.

 

‘INFINITY WAR’ Pecahkan Rekor Box Office

 

Meskipun China sebagai pasar internasional INFINITY WAR terbesar baru bakal merasakannya pada 11 Mei nanti, film arahan Joe-Anthony Russo ini sudah mencetak rekor baru. Akhir pekan lalu Disney mengumumkan jika box office raihan minggu perdana INFINITY WAR secara domestik di Amerika Serikat mencapai USD 250 juta, mengalahkan STAR WARS: THE FORCE AWAKENS (2015) yang cukup lama memegang rekor itu dengan USD 247,9 juta.

 

Tak hanya secara domestik, INFINITY WAR juga memecahkan rekor THE FATE OF THE FURIOUS alias FF8 sebagai film dengan pendapatan internasional minggu perdana terbesar. INFINITY WAR meraih total USD 630 juta, jauh di atas FF8 yang ‘hanya’ USD 541,9 juta. Namun untuk pendapatan internasional minggu pertama, INFINITY WAR mengumpulkan USD 380 juta dan kalah dari FF8 yang  meraih USD 443,2 juta.

 

Kini tinggal dinantikan apakah INFINITY WAR bisa menumbangkan rekor box office global terbesar sepanjang masa yang diraih AVATAR (2009) dengan USD 2,7 miliar, TITANIC (1997) dengan USD 2,1 miliar atau bahkan THE FORCE AWAKENS dengan USD 2,06 miliar. Dua prekuelnya yakni THE AVENGERS (2012) mencatat USD 1,5 miliar dan AVENGERS: AGE OF ULTRON (2015) dengan USD 1,4 miliar.

 

‘AVENGERS 4’ Rilis Mei 2019

 

Spoiler! Lantaran INFINITY WAR berakhir dengan musnahnya banyak superhero dan kemenangan Thanos berhasil mengumpulkan keenam Infinity Stones, tentu kini penggemar begitu menanti kapan AVENGERS 4 dirilis. Marvel sudah sepakat memiih 3 Mei 2019 sebagai jadwal rilis bagian kedua INFINITY WAR. Dua film MCU yang akan dirilis sebelum INFINITY WAR adalah ANT-MAN AND THE WASP pada 5 Juli 2018 dan CAPTAIN MARVEL pada 8 Maret 2019 yang digadang-gadang memegang kunci untuk menaklukan Thanos di AVENGERS 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *